Get me outta here!

Rabu, 26 Agustus 2020

Apakah Masker Kain Efektif Mencegah Penularan Virus Corona?

Dalam menangani wabah COVID-19 yang menyerang Indonesia dan seluruh negara di dunia, WHO dan CDC menghimbau seluruh masyarakat yang sehat untuk menggunakan masker kain karena keterbatasan stok masker bedah dan masker N95. Saat ini juga sudah banyak yang jual masker kain dengan beragam warna dan corak yang menarik sehingga mudah didapatkan. Karena keterbatasan stok, masker bedah dan masker N95 lebih diprioritaskan bagi tenaga medis dan pasien.

Semua orang tanpa terkecuali wajib menggunakan masker. Awalnya memang disarankan untuk menggunakan masker medis karena penyaringan partikel-partikel kecil yang lebih baik. Namun untuk mencegah kelangkaan masker bedah yang dibutuhkan oleh petugas medis, maka alternatif yang disarankan yaitu dengan menggunakan masker kain.

Awalnya masker memang hanya disarankan untuk digunakan oleh orang yang sakit atau orang-orang yang bekerja di tempat yang berpotensi tinggi terpapar virus. Namun dikhawatirkan bahwa perkembangan virus corona dapat menyebabkan sekelompok orang tanpa disadari dapat menyebarkan virus corona ke orang yang sehat meskipun belum memiliki gejala.

Kelompok ini disebut dengan presymptomatic dan asymptomatic yaitu orang yang sebenarnya sudah positif corona namun belum memunculkan gejala sehingga terlihat seperti orang yang masih sehat. Maka dari itu sebagai pengganti masker medis, maka lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak menggunakannya sama sekali.

Apakah Masker Kain Efektif Mencegah Penularan Virus Corona


Apakah Masker Kain Efektif?

Virus corona memiliki ukuran dengan diameter sekitar 0,05 hingga 0,3 micron dan masker menjadi salah satu APD yang penting untuk melindungi diri agar tidak terpapar virus corona yang dapat menular melalui droplets atau juga menularkannya ke orang lain.

Memang masker yang paling efektif yaitu masker N95 dan masker bedah namun karena virus corona menyebar melalui droplets, maka masker kain sudah cukup efektif sebagai APD untuk melindungi diri dari virus corona. Namun dengan catatan bahwa masker kain harus digunakan dengan benar.

Masker kain akan mencegah area wajah terkena droplets dan juga mencegah penularan ke orang lain yang sehat. Menurut penelitian, terdapat beberapa bahan kain yang paling efektif dalam menyaring partikel-partikel yang kecil sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal yaitu sarung bantal berbahan katun, kaos katun, dan kain serbet yang biasanya digunakan untuk lap piring.

Kain katun juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak mengganggu pada saat bernafas. Untuk meningkatkan efektivitas kain, masker kain dapat dilapisi dengan tissue atau filter kopi. Sebaiknya hindari kain berbahan sutra karena memiliki tingkat efektivitas yang paling buruk bahkan tidak mampu menyaring hingga partikel-partikel kecil.

Pastikan untuk memilih masker kain yang tepat dan ukuran yang pas. Anda bisa memesannya di custom.co.id yang jual masker kain baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Bukan hanya itu saja, apabila bosan dengan desain yang itu-itu saja, anda bisa custom masker sesuai dengan desain yang anda inginkan.

Deskripsi : jual masker kain yang efektif cegah virus corona untuk orang dewasa dan anak-anak serta desain yang beragam.