Get me outta here!

Sabtu, 26 September 2020

Mengupas Secara Lengkap Sejarah Candi Borobudur

Mengupas Secara Lengkap Sejarah Candi Borobudur

Sumber: https://www.greeners.co/

Siapapun tidak akan memungkiri kemegahan Candi Borobudur, mahakarya terbesar dalam sejarah manusia. Dan di balik kemegahan tersebut pun terdapat sejarah yang cukup panjang. Sejarah Candi Borobudur yang dimulai sejak kerajaan Hindu-Budha masih menduduki negeri ini. Berlanjut hingga bagaimana candi ini tertimbun ribuan tahun dan akhirnya ditemukan kembali. Penasaran lebih lengkap mengenai sejarah Candi Borobudur? Berikut penjelasannya.

Asal Mula Candi Borobudur

Asal Mula Candi Borobudur

Sumber: https://www.nativeindonesia.com/

Kapan pertama kali pembangunan Candi Borobudur dimulai masih menjadi misteri. Akan tetapi berdasarkan berbagai sumber sejarah yang ditemukan, diperkirakan Borobudur selesai pada abad ke-8 ketika dinasti Syailendra sedang dipimpin oleh Balaputradewa Samaratungga dan sedang dalam masa kejayaannya. Menurut sejarah, pembangunan ini memakan waktu 75 -100 tahun lamanya. Waktu yang sangat lama mengingat tidak adanya alat-alat modern seperti saat ini.

Candi Borobudur mulanya dirancang dengan stupa tunggal yang sangat besar yang menjadi mahkota di puncaknya. Namun karena pertimbangan risiko yang sangat mungkin membahayakan maka stupa tersebut dibongkar dan diganti dengan tiga barisan stupa ukuran kecil dan satu stupa induk seperti yang kita lihat sekarang ini.

Tahap Pertama pembangunan dimulai dengan meletakkan pondasi dasar bangunan candi. Karena dibangun di perbukitan, maka tanahnya diratakan terlebih dahulu, lalu dipadatkan dan ditutup material struktur batu. Pada tahap kedua ditambahkan dua undakan persegi, pagar langkan dan satu undakan melingkar. Di atas undakan inilah stupa besar yang menjadi mahkota tersebut diletakkan. Namun pada tahap ketiga struktur ini dirubah. Stupa besar tersebut dibongkar dan diganti dengan tiga barisan stupa ukuran kecil dan satu stupa induk. Pada tahap keempat juga dilakukan perubahan kecil seperti penyempurnaan relief, penambahan pagar langkan terluar, perubahan tangga dan pelengkung atas gawang pintu, serta pelebaran ujung kaki. Setelah beberapa perubahan akhirnya Candi Borobudur pun telah selesai dibangun.

Candi Borobudur Menghilang dan Ditemukan Kembali

Candi Borobudur Menghilang dan Ditemukan Kembali

Sumber: https://www.youtube.com/

Setelah pembangunan yang memakan waktu cukup lama, Candi Borobudur sempat dinyatakan hilang hingga berabad-abad. Menurut sumber sejarah, Candi Borobudur sempat terlantar karena Raja Mpu Sindok yang memimpin Kerajaan Medang pada saat itu memindahkan ibu kota kerajaannya ke kawasan Jawa Timur. Hal ini harus dilakukan karena adanya serangkaian bencana letusan gunung berapi. Abu vulkanik dari letusan ini bercampur dengan gundukan tanah yang sudah terkumpul selama berabad-abad lah yang akhirnya menimbun Candi Borobudur. Tempat ini pun terlihat seperti bukit biasa yang ditumbuhi pepohonan. Padahal tempat tersebut merupakan kuburan candi raksasa.

Dan pada tahun 1814, Thomas Stamford Raffles yang memimpin pemerintahan Inggris di Jawa kala itu menemukan candi megah ini. Pada tahun 1882 muncul saran untuk memugar dan menyelamatkan berbagai relief candi ini. Baru pada tahun 1900 Pemerintah Hindia Belanda mengambil langkah untuk melakukan pemugaran terhadap Candi Borobudur. Pemugaran ini dilakukan hingga tahun 1911. Pada tahun 1975 sampai 1982 dilakukan lagi pemugaran secara besar-besaran atas kerja sama Pemerintah Indonesia dan UNESCO. Hingga pada tahun 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Mengupas Secara Lengkap Sejarah Candi Borobudur

Kini setelah puluhan tahun, Candi Borobudur akhirnya dapat dikunjungi oleh siapa saja. Bahkan Candi Borobudur menjadi tempat wisata tunggal dengan pengunjung terbanyak di Indonesia.