Get me outta here!

Selasa, 27 Oktober 2020

Cara Memilih Jeruk Manis untuk Memenuhi Vitamin C Harian

Berbicara mengenai sumber vitamin C untuk kebutuhan harian tubuh, mengingatkan pada buah berwarna oranye yang sangat mudah ditemukan di toko buah maupun supermarket. Adalah jeruk, salah satu sumber vitamin  dengan rasa segar yang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia, utamanya jeruk lokal dengan warna hijau atau kuning yang terasa manis. Namun, banyak orang yang seringkali membeli buah jeruk dengan rasa asam karena tak tahu cara memilihnya dengan benar.

 

Cara Memilih Jeruk Manis untuk Memenuhi Vitamin C Harian

Memilih Jeruk yang Manis dan Segar

Memilih jeruk yang manis dan segar terkadang menjadi perkara sulit. Agar Anda tak lagi salah beli dan mendapatkan jeruk yang asam, cara berikut bisa dilakukan untuk mendapatkan jeruk manis dan segar:

1.     Membeli Jeruk dengan Memperhatikan Warnanya

Memilih jeruk lokal tak semudah ketika Anda akan membeli jeruk impor. Sebab dari segi warna jeruk lokal tak sejelas jeruk impor yang memiliki warna oranye terang. Untuk jeruk lokal seperti jeruk medan, Anda bisa membeli yang berwarna dominan oranye atau kuning dengan semburat hijau.

 

Lain lagi dengan jeruk Pontianak atau jeruk limau khas daerah Kalimantan lainnya. Untuk mendapatkan yang rasanya manis justru harus memilih jeruk dengan warna hijau pekat dengan atau tanpa semburat kekuningan.

2.     Perhatikan Tekstur Kulit Jeruk

Jeruk sumber vitamin C merupakan buah yang segar, matang, dan manis. Untuk mendapatkan kualitas terbaik ini, Anda bisa memperhatikan tekstur kulit jeruk. Hindari memilih jeruk dengan tekstur kulit tebal dan kasar, sebab menandakan kandungan air dalam jeruk lebih sedikit sehingga kurang segar.

 

Pilih buah dengan kulit luar yang halus dan mulus, sebab inilah indikator buah telah matang dan memiliki rasa manis.

 

3.     Pilih yang Kulitnya Mengkilap

Ciri lain yang menunjukkan jeruk memiliki rasa manis dan segar adalah kulitnya tampak mengkilap. Coba letakkan jeruk di bawah cahaya lampu atau sinar matahari, apabila kulitnya tampak mengkilap berarti memiliki rasa manis yang Anda cari.

 

Kilau pada kulit jeruk merupakan indikator bahwa buahnya telah mengalami kematangan sempurna dan memiliki rasa segar nan manis.

 

4.     Mengecek Bagian Bawah Jeruk

Ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jeruk dengan rasa manis, yaitu dengan mengecek bagian bawahnya. Cara ini memang belum lazim dilakukan, tapi hasilnya cukup akurat.

 

Bagian bawah jeruk yang cekung atau lumpang merupakan pertanda bahwa buah tersebut memiliki kandungan air yang cukup sehingga memiliki rasa manis ketika Anda mengonsumsinya.

 

Nah, membedakan jeruk manis dan matang dengan jeruk asam tidak terlalu sulit, bukan? Tak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa, anak kecil pun bisa memakan jeruk manis untuk melengkapi asupan vitamin harian. Banyak artikel parenting yang memberikan Anda pengetahuan dasar memilih jeruk manis sebagai sumber vitamin C dan bisa dipraktikkan langsung saat berbelanja nanti.