Get me outta here!

Sabtu, 26 Desember 2020

Review Huawei Nova 7: Cepat dan Nyaman Meski Tanpa GMS

Review Huawei Nova 7: Cepat dan Nyaman Meski Tanpa GMS - Pandemi saat ini tidak menyurutkan semangat Huawei untuk meluncurkan perangkat baru mereka. Saat ini, Kami memiliki perangkat terbarunya yaitu Huawei Nova 7. Smartphone ini ditujukan bagi mereka yang berada di kelas menengah, terutama mereka yang masih berusia muda. Jadi, kelasnya berbeda dengan seri P yang jadi andalannya.

Ada satu hal ketika anda memakai Huawei , yakni  tidak adanya Google Mobile Service (GMS), akan tetapi digantikan oleh HMS (Huawei Mobile Service). Memang selama ini pengguna smartphone Android sudah terlena dengan ekosistem Google yang matang. Namun tampaknya pola pikir pengguna pada perangkat ini harus sedikit diubah dari smartphone Android menjadi perangkat yang dapat menginstal aplikasi Android.

Review Huawei Nova 7 Cepat dan Nyaman Meski Tanpa GMS


Rancangan

Saat saya buka paket penjualannya, saya mengira perangkat yang ada adalah Huawei Nova 5. Hal ini dikarenakan kemiripan posisi punch hole kamera depan yang ada di sisi kiri atas layar. Tentu saja lubang kecil ini tidak terlalu mengganggu karena sejajar dengan bilah notifikasi.

Smartphone ini sudah menggunakan sasis logam sehingga lebih kuat terhadap tekanan. Di bagian belakang, Huawei mendesainnya menggunakan kaca. Jika diperhatikan, Huawei juga telah menyematkan logo NOVA sebagai motif di punggungnya. Dan motifnya akan mudah tertutup sidik jari.

Layar yang digunakan dalam HP ini adalah dengan teknologi OLED 2400 × 1080. Layar ini sudah menggunakan profil warna DCI-P3, sehingga lebih kaya dari RGB biasa yang ada di pasaran saat ini. Layarnya juga sudah dilapisi dengan lapisan anti gores, sehingga tidak melukai layar aslinya. Sayangnya, tidak ada informasi untuk pelindung seperti apa layar yang digunakan, namun Huawei menyebutkan bahwa layar tersebut lebih tahan terhadap goresan.

Huawei juga telah menanamkan teknologi sensor sidik jari yang ada di bagian bawah. Sidik jarinya sendiri juga responsif saat saya mengujinya. Ini membuat bagian belakang hanya menemukan tiga kamera bersama dengan lampu kilat LED. Di sebelah kanan ada tombol volume dan power. Di bagian atas ada mikrofon kedua. Dan di sebelah kiri, tidak ada yang ditemukan.


Bagaimana Review Huawei Nova 7: Cepat dan Nyaman Meski Tanpa GMS?

Smartphone ini hadir dengan Android 10 dengan EMUI 10.1. Karena masih "bermusuhan" dengan Amerika, perangkat ini belum memiliki GMS. Huawei juga membuat sistemnya sendiri dengan Huawei Mobile Service, yang masih bisa memasang aplikasi yang ditujukan untuk Android.


Petal Search

Satu hal yang perlu diapresiasi untuk sistem HMS ini adalah Petal Search. Petal Search adalah cara Huawei untuk membuat pengguna nyaman mencari aplikasi, baik yang sudah terinstal maupun belum. Jadi, jika di Huawei App Gallery kami tidak menemukan aplikasi yang diinginkan, gunakan saja Petal Search. Biasanya di smartphone Android lain kita harus menginstall installer XAPK.

 Jadi, kita tinggal cari aplikasi yang di inginkan di Petal Search di homescreen, download, install, dan aplikasinya sudah ada di homescreen. Memang yang sangat disayangkan adalah banyak aplikasi yang menggunakan GMS. Hal ini membuat aplikasi seperti Gojek tidak bisa berjalan sama sekali. Hal ini memang membuat pengguna harus mencari alternatif lain. Huawei Nova 7 memang telah melakukan upaya untuk membuat beberapa aplikasi berjalan di ekosistemnya, namun ini masih membutuhkan waktu lebih lama.